Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

Diposting oleh M. Darmansyah Putra Jumat, 12 November 2010

1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (E-mail)

E-mail(electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam pengfunaan internet. E-mail merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampir jutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.

Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibel dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet. Jadi apa pun jenis komputer kamu, apa pun cara yang kamu gunakan untuk mengakses internet, dan apapun jenis program e-mail yang kamu gunakan, kamu akan tettap dapat mengirim atau menerima surat melalui internet.

Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut.
a. E-mail yang berbasis web 
Pada e-mail jenis ini seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut web mail. Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna harus terhubung terlebih dahulu dengan internet. Beberapa web mail penyedia layanan internet gratis sudah banyak tersedia di internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.
b. E-mail yang berbasis client
Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang di sediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet.

2.Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah salah satu cara untuk mengrimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail di buat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian di kirim kan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer tersebut terhubung dengan komputer lainnya(misalnya dengan modem) dan data di kirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.

Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga samapai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluargadi kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

Selain memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya sebagai berikut.
a. Melalui penyedia e-mail gratis
Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kamu pun akan memiliki e-mail sevara instan. Contoh penyedia layanan ini adalah Yahoo (mail.yahoo.com), Plasa (www.plasa.com), Telkom (www.telkom.net).
b. Undangan dari teman
Cara kedua ini adalah melalui undangan dari temanmu yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut. Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah satu yang telah menjadi anggota. Contoh layanan ini adalah layanan e-mail yang disediakan oleh Google (mail.gmail.com).
c. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet. Beberapa contoh ISP di indonesia, antara lain adalah IndosatNET, Wasantara NET, dan INDO.NET. Koneksi internet dilakukan berdasarkan jumlah jam akses atau hak paki selama 24jam perhari. Kamu harus mendaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan e-mail.
d. Dari perusahaan
E-mail yang diperoleh dari perusahaan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan dimana e-mail tersebut terdaftar. untuk mendapatkan e-mail jenis ini , seseorang harus menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
e. Memesan sendiri
Cara ini bertujuan untuk mendapatkan e-mail khusus yang dapat kamu tentukan sendiri. Mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari e-mail tersebut. untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan e-mail tersebut.

Related Post:

3 Responses to Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

  1. Sip.. sangat bermanfaat

     
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.  
  3. Mr.AgumRs Says:
  4. keren bang !!!

     

Posting Komentar

Daftar Isi