Penggunaan Mailing List di Yahoogroups untuk Berkomunikasi

Diposting oleh M. Darmansyah Putra Jumat, 12 November 2010

Untuk dapat saling berkomunikasi dengan teman satu hobi dan satu profesi, seperti yang telah dipaparkan di atas, biasanya mereka menggunakan suatu sarana yang disebut dengan mailing list. Mailing list atau disingkat Milis merupakan suatu kelompok diskusi di mana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Kamu dapat membaca e-mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Dengan kata lain, mailing list adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan e-mail yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, kamu dapat me-replay e-mail pengirim tersebut, mengirim e-mail baru, atau hanya membacanya saja. Setiap kali kamu atau orang lain me-reply sebuah e-mail, e-mail tersebut akan didistribusikan ke setiap mailbox setiap orang yang terdapat dalam daftar anggota. Hal ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager atau Mail Server. Salah satu contoh mailing list yang terkenal adalah Yahoo!Groups.

Yahoo!Groups merupakan Iayanan mailing list yang disediakan oleh Yahoo! dan dapat kamu gunakan untuk saling berkomunikasi, baik melalui halaman web maupun dengan menggunakan e-mail client, seperti Outlook Express. Dengan mailing list, member (anggota) yang tergabung dapat mengirimkan pesan ke semua anggota dengan sekali kirim, begitu juga dengan anggota lainnya. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menyimpan file untuk di-sharing atau di-download oleh anggota lain.

1. Membuat Mailing List di Yahoo! Groups
Kamu dapat melihat apakah sebuah e-mail berasal dari Yahoo! Groups atau bukan, dengan melihat nama domain-nya, yaitu "@yahoogroups.com". Berikut langkah untuk membuat mailing list di Yahoogroups :

1. Jalankan browser kamu.
2. Buka situs Yahoo! Groups di http://groups.yahoo.com.

3. Klik Sign in untuk melakukan pendaftaran. Lakukan login dengan menggunakan account Yahoo ID yang telah kamu miliki
4. Klik create a group, maka akan muncul halaman Start a Group. Selanjutnya, klik salah satu kategori yang merupakan deskripsi mailing list kamu. Misalnya, kamu klik Computers & Internet.
5. Ketika muncul halaman web berikutnya, klik link Internet.
6. Ketika muncul halaman web berikutnya, klik tomboi (places my group here).
7. ketikkan nama mailing list atau nama group pada kotak Group Name, ketikkan alamat e-mail mailing list kamu pada kotak isian Enter your Group e-mail address. Jika kamu mengisi bagian ini dengan nama pintugeser, maka alamat e-mail mailing list kamu adalah pintugeser@yahoogroups. com. Selanjutnya, berikan deskripsi singkat tentang mailing list kamu, kemudian klik tombol Continue.
8. Pada halaman tersebut, tentukan profil mailing list kamu. Ketikkan huruf yang terdapat dalam gambar ke dalam kotak isian Word Verification, lalu klik tombol Continue.
9. Selanjutnya, akan ditampilkaii halaman verifikasi atau konfirmasi bahwa kamu telah berhasil membuat mailing list.
10. Klik Customize Your Group untuk mengatur keanggotaan kelompok milis.
11. Klik Invite People to Join untuk mengajak orang lain ikut bergabung dalam milis.
12. Kamu dapat mengklik tulisan Sign Out untuk menutup mailing list kamu.

2. Berkirim E-mail menggunakan Mailing List
Jika kamu mengirim e-mail ke alamat e-mail milis, maka e-mail tersebut akan diteruskan ke seluruh anggota mailing list. Untuk melakukan kegiatan tersebut, ikuti langkah berikut ini :

1. Buka account e-mail kamu.
2. Klik tombol Compose untuk membuat pesan yang akan di kirim melalui mailing list.
3. Pada kotak isian To, ketikkan alamat mailing list yang kamu tuju, misalnya kirim ke pintugeser@yahoogroups.com. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail tersebut.
4. Setiap anggota mailing list akan menerima kiximan e-mail tersebut. Karena kamu termasuk anggota mailing list, maka kamu juga akan menerima e-mail yang kamu kirimkan.

Related Post:

0 Responses to Penggunaan Mailing List di Yahoogroups untuk Berkomunikasi

Posting Komentar

Daftar Isi