Hypertext dan HTML

Diposting oleh M. Darmansyah Putra Kamis, 11 November 2010

1. Mengenal Hypertext

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Hypertext dalam dunia Internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari World-Wide Web.
Bahkan Tim Berners-Lee membuat standar dokumen dengan nama HTML dan protokol yang digunakan dengan nama HTTP, dimana huruf H tersebut merupakan singkatan dari hypertext. Ide hypertext ini pada mulanya diimaginasikan oleh Vannevar Bush di tahun 1945 dalam sebuah tulisan (essay) di majalah Atlantic Monthly dengan judul As We May Think. Dengan sebuah data (Informasi) dipegang, maka ia akan menyambung dengan informasi berikutnya yang terasosiasi dengan data sebelumnya.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa dengan emnggunakan Notepad. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

Related Post:

0 Responses to Hypertext dan HTML

Posting Komentar

Daftar Isi