Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dari Internet

Diposting oleh M. Darmansyah Putra Jumat, 12 November 2010

Search engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine memiliki tiga komponen penting.

Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Spider mengerjakan akses (kunjungan) ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs. Spider mengakses situs web secara periodik. Setiap informasi yang dijumpai Spider selalu akan ditulis dalam sebuah index.

Index merupakan elemen kedua search engine. Index disebut juga katalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi salinan (copy) dari setiap situs yang dikunjungi spider. Jika spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui (update).

Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak (software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilah jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman situs web dan mencocokannya sesuai permintaan pengguna internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.

Cara penggunaan search engine yaitu dengan mengetikkan kata kunci untuk informasi yang dicari. Berikut langkah-langkahnya.
1. Buka browser Internet Explorer.
2. Pada kotak Address ketik www.google.co.id, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.


3. Pada kotak search ketik kata kunci yang ingin dicari, misalnya Jenis Layar Ponsel, kemudian tekan Enter. Lalu, akan tampil seperti ini.
4. Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik link tersebut. Selanjutnya, informasi yang kamu pilih akan ditampilkan.

Related Post:

0 Responses to Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dari Internet

Posting Komentar

Daftar Isi