Konsep Internet

Diposting oleh M. Darmansyah Putra Kamis, 11 November 2010

Internet merupakan salah satu solusi luar biasa yang pernah diciptakan oleh manusia. Informasi apa pun dan dari mana pun memungkinkan untuk diperoleh melalui teknologi ini. Bayangkan, sebagai penggunanya saja, kamu dapat menjadi lebih pintar dalam waktu singkat dengan menguasai informasi yang kamu inginkan. Dengan berbagai kemudahan di dalamnya, dunia akan berada dalam “genggamanmu”.

Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Dalam hal ini, komputer yang dahulu berupa stand alone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya.

Sebagai analogi, Internet seperti sebuah elektronik yang sangat besar di mana setiap penduduk mempunyai alamat (Internet Address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk ingin berkeliling kota, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan. Jaringan jalannya bertumpu di atas sarana atau media telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan line telepon dan jalur cepatnya dapat menggunakan leased line atau ISDN (Pasopati).

Sampai saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 30.000 jaringan dengan alamat lebih kurang 30 juta di seluruh dunia. Karena sifatnya berupa ruang yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, Internet dapat kita sebut sebagai ruang maya (cyberspace).

1. Sejarah Internet

Sebelum terdapat Internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dengan mudah dihancurkan. Jadi, apabila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu, Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Selanjutnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990.

- 1960 : Ilmuan komputer melakukan riset untuk menghubungkan beberapa sistem pada jaringan.
- 1969 : ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) telah berhasil menghubungkan UCLA, University of California di Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute.
- 1975 : Pengaturan Internet dialihkan ke U.S Defense Communications Agency.
- 1979 : USENET mulai menawarkan sistem konferensi secara broadcast dari newsgroup.
- 1981 : BITNET (Because It's Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftar server untuk distribusi informasi. CSNET (Computer Science Network) menawarkan dial-up service untuk e-mail. Pada saat itu, orang-orang sudah dapat mengakses internet menggunakan komputer desktop.
- 1982 : TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.
- 1983 : MILNET dan DDN (Defense Data Network) memisahkan diri dari ARPANET.
- 1984 : Diperkenalkannya sistem Domain Server Name (DSN).
- 1988 : Robert Morris, Jr. mengeluarkan “worm” untuk pertama kalinya ke Internet.
- 1990 : CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) mengembangkan World Wide Web.
- 1993 : Presiden Clinton menjadi presiden pertama yang menggunakan pengiriman surat secara elektronik dengan alamat presiden@whitehouse.gov.
- 1994 : Digital video dan audio ditransmisikan melalui Internet.

2. Prinsip Koneksi

Bagaimana sebuah komputer dapat terhubung dengan internet? Satu computer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut berada dalam satu jaringan dengan komputer lainnya. Jaringan tersbut disebut dengan network.

Jaringan dimulai dari yang sangat sederhana sampai ke dalam bentuk yang lebih kompleks. Jaringan sederhana adalah hubungan satu komputer dengan komputer lainnya. Sedangkan, jaringan yang kompleks adalah saling terhubungnya jaringan-jaringan yang sederhana. Selanjutnya, bagaimana komputer kamu dapat menjadi bagian dari jaringan yang kompleks yang disebut internet? Komputer kamu harus terhubung dengan salah satu komputer yang telah terhubung dengan internet. Salah satu caranya dengan memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan penyedia jasa internet yang disebut dengan Internet Service Provider (ISP).

ISP merupakan sebuah perusahaan yang khusus menagani layanan bagaimana seseorang, kantor, atau organisasi dapat memanfaatkan layanan internet. ISP bertanggung jawab bagaimana koneksi ke internet dapat dilakukan sampai kamu dapat menggunakan fasilitas internet tersbut.

3. kegunaan Internet

Banyak kegunaan Internet yang menguntungkan dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan bidang lainnya), antara lain sebagai berikut.
a. Informasi yang diperoleh lebih cepat dan murah dengan aplikasi: E-mail, FTP, NewsGroup, Gopher, WWW.
b. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi seperti: Koran masuk internet, majalah, brosur dan media cetak lainnya.
c. Sebagai media promosi, seperti: Citra perusahaan, pengenalan dan pemesanan produk.
d. Komunikasi interaktif, seperti: e-mail, Internet relay chat, video conferencing, internet phone, dukungan pelanggan dengan WWW.
e. Sebagai alat Research and development.
f. Pertukaran data.

4. Pertumbuhan Internet

Pertumbuhan Internet saat ini cukup pesat. Dari data statistik, diperoleh data sebagai berikut.
a. 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994.
b. Populasi 30 juta pengguna (tahun1995).
c. Pertumbuhan 10% tiap bulan.
d. 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan pada tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet.
e. E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis.

Related Post:

1 Responses to Konsep Internet

  1. Anonim Says:
  2. I am no longer certain where you are getting your information, but good topic.
    I must spend some time learning more or understanding
    more. Thanks for fantastic info I was in search of this info for my mission.
    Also see my page > digital slr cameras for sale

     

Posting Komentar

Daftar Isi